CEGAH KERUSAKAN KABEL OPTIK, KOMINFO MOROTAI DAN PT. LTI GELAR SOSIALISASI KEBERADAAN DAN PENGAMANAN SARPRAS PALAPA RING TENGAH

Masyarakat diharapkan mengetahui dan menyadari pentingnya pengamanan kabel fiber optik (Palapa Ring) yang menjadi tulang punggung telekomunikasi di Indonesia,terutama di Morotai. Sebab jika tidak, maka kepentingan terkait manfaat kabel telekomunikasi menjadi terabaikan dan menyebabkan kerusakan atau pengrusakan yang berakibat terputusnya koneksi telekomunikasi serta merugikan kepentingan umum, bukan hanya di Morotai

SOSIALISASI KEBERADAAN DAN PENGAMANAN SARPRAS PALAPA RING TENGAH


Kabel Optik Palapa Ring telah menjadi tulang punggung Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia, tidak terkecuali di Morotai. Namun keberadaan serat optik pita lebar (Palapa Ring Tengah) belum banyak diketahui Masyarakat luas. Akibat ketidaktahuan, telah banyak mengakibatkan insiden yang memutus jaringan kabel, baik di darat maupun di laut, yang berujung matinya jaringan telekomunikasi.

Palapa Ring Paket Tengah merupakan Proyek Strategis Nasional yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Telekomunikasi Pita Lebar pada wilayah Indonesia bagian Tengah yang meliputi 17 Kota Layanan  10 Kota Interkoneksi. Sementara Morotai menjadi salah satu kota layanan yang memperoleh interkoneksi dari Tobelo dan Manado.

Keberadaan prasarana Palapa Ring Tengah, Interkoneksi Tobelo ke kota layanan Morotai sepanjang 55,7 KM, yang terdiri dari 46,9 KM Kabel Laut, 6,1 Km Kabel Darat (di Morotai) serta 2,6 Km Kabel Darat (di Tobelo).

Sejak 2019 telah terdapat 6 (enam) titik insiden kerusakan kabel optic palapa ring, 4 (Empat) di antaranya disebabkan oleh pekerjaan sipil alat berat dalam pekerjaan prasarana umum, serta pekerjaan utilitas kelistrikan dan air minum di ruas Morotai-Tobelo. Sementara untuk Morotai-Melongguane terdapat 2 titik yang disebabkan oleh vandalisme. Semua kerusakan terjadi di sisi darat.

Dari temuan insiden tersebut, Pemda Morotai bersama dengan PT. Len Telekomonukasi Indonesia (LTI) melakukan sosialisasi keberadaan dan pengamanan prasarana Palapa Ring Tengah. Kegiatan yang menghadirkan nelayan, pelaku usaha rumpon, serta stakeholders terkait diadakan di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai (26/ 10/ 2023).