PENJABAT BUPATI PULAU MOROTAI MENGHADIRI RAKORNAS PENGUATAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGENDALIAN INFLASI

Rakornas yang digelar di Sentul International Convention Center itu dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Pj. Bupati Pulau Morotai hadir lengkap Bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Pulau Morotai.

Forkopimda Morotai Saat Rakornas di Sentul International Conventioan Center (Dok. Humas Kejari)

Inflasi serta Pertumbuhan Ekonomi menjadi isu yang sedang diseriusi pemerintah ahir-ahir ini. Terkait dengan hal itu, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) menghadirkan Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia (17/1/2023).

Rakornas yang digelar di Sentul International Convention Center itu dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Pj. Bupati Pulau Morotai hadir lengkap Bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Pulau Morotai.

Pada Rakornas tersebut, Presiden menyampaikan apresiasi pada semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan Covid-19.  Sebab dari kerja keras pengendalian wabah, Pemerintah berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Ini sebuah prestasi yang baik, karena di kuartal III (Ekonomi Indonesia) bisa tumbuh 5,7. Dibandingkan dengan Negara-negara lain”. Kata Presiden Jokowi.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian juga memaparkan stabilitas inflasi yang relatif terkendali. Pencapaian tersebut juga merupakan hasil kerja kolaboratif dari semua unsur dari Instansi Pusat hingga Daerah.

“Tingkat Inflasi juga terkendali dengan baik. Sesuai data BPS (Inflasi) pada September 2022 (5,95%), kemudian pada bupan Oktober 2022 turun menjadi 5,71 %, dan November 2022 turun menjadi 5,40% dan untuk terakhir Bulan Desember terjadi kenaikan sedikit 5,51% karena adanya pola demand yang bersifat seasonal atau musiman adanya hari raya natal dan Perayaan Tahun Baru” Ungkap Mendagri.

Dalam konteks lokal, Pemda Morotai juga intens dalam upaya pengendalian inflasi. Pamda Morotai aktif dalam menerapkan Langkah-langkah pengendalian inflasi, di antaranya: 1) Merealisasikan Belanja Tidak terduga; 2) Memberikan Bantuan Transportasi; 3) Berkoordinasi dengan Daerah Penghasil Pangan; dan 4) Melaksanakan Pencanangan Gerakan Menanam.

Diharapkan lewat Rakornas ini, setiap Pemda termasuk Morotai turut berkontribusi dalam pengendalian inflasi dan memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional dan Regional, sehingga membawa implikasi yang baik bagi ekonomi kedepannya.